Jumat, 06 Desember 2013

suplemen



Suplemen Kesehatan

 


 
  
Mengapa tubuh Perlu Suplemen ?


            Kesehatan adalah aset yang paling berharga bagi manusia. Banyak cara dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, diantaranya dengan menjaga pola makan dan berolahraga sacara teratur, namun waktu yang terbatas sering kali membuat kita tidak sempat berolahraga dan mengabaikan gaya hidup sehat. Hal ini nmengakibatkan nutrisi bagi tubuh tidak tercukupi. Ada banyak kondisi yang menandakan tubuh kita membutuhkan suplemen. Biasanya kita membutuhkan tambahan vitamin ketika sedang sakit, kurang nafsu makan, penyerapan makanan yang tidak baik, dan pada banyak beraktifitas atau banyak energi yang terkuras. Gejala-gejala seperti sariawan, dehidrasi, atau gusi berdarah merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan tambahan vitamin. Membiarkan keadaan tersebut hingga larut dapat menyebabkan penurunan vitalitas dan imunitas tubuh. Selain itu, orang tua yang berusia diatas 50 tahun juga membutuhkan vitamin karena tidak memiliki gigi yang lengkap dan nafsu makan yang sudah berkurang. Dengan demikian, metabolisme tubuh mereka tidak bekerja sebaik ketika mereka masih muda. Oleh karena itu, sebelum tubuh kita terserang penyakit akibat menurunnya fungsi metabolisme, memberikan asupan tambahan makanan menjadi usaha yang tepat. Pada dasarnya, suplemen adalah zat-zat nutrisi tambahan yang dikonsumsi bila tubuh mengalami penurunan fungsi metabolisme. Suplemen berfungsi sebagai makanan tambahan yang akan melengkapi zat-zat nutrisi dalam tubuh. Umumnya, suplemen makanan kesehatan berasal dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia dan merupakan saripati bahan makanan. Kini suplemen telah tersedia dalam berbagai bentuk, antara lain kapsul, tablet, ataupun cairan. Yang juga perlu diperhatikan yaitu bahwa setiap manusia mempunyai struktur organ tubuh, jaringan, sel-sel dan fungsi yang berbeda dari manusia lain. Sehingga, kecukupannnya gizinyapun berbeda. Karena itu, tiap organ membutuhkan asupan makanan yang berbeda sebagai pelengkap kebutuhan asupan zat gizi.

Pola makanan 

            Pola makanan yang baik adalah pola makan sehat& seimbang, namun penelitian mengatakan, banyak orang tidak mendapatkan cukup vitamin & mineral dalam makanan sehari-hari. Itulah mengapa kita perlu suplemen untuk membantu mencapai kesehatan optimal & mengurangi resiko kesehatan1

Proses Pemasakan
          Proses pemasakan dapat mengurangi nilai kandungan gizi bahan makanan, seperti proses memotong, mengiris, mencacah bahan pangan. Penggunaan panas/suhu tinggi pun dapat menambah kerusakan nilai gizi makanan, terutama metode menggoreng dan deep-frying. Kandungan lemak jenuhnya akan memicu pembentukan lemak trans yang sanagt berbahaya bagi tubuh(pembentukan kolesterol). Proses pemasakan yang relatif lebih baik adalah merebus, mengukus, memanggang dan menumis.

Gaya Hidup
          Gaya Hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum, minumam beralkohol dan kurang berolahraga dapt meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap zat gizi tertentu. Suplemen dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dengan menyeimbangkan pola makan. Namun pemilihan suplemen perlu diperhatikan dengan baik, pilih bahan alami karena bahan alami dapat lebih ditrima tubuh (komponen hidup) dibandingkan dengan bahan sintesis. Bahan alami yang didapat dari tumbuhan tidak hanya mengandung nilai gizi tinggi, namun juga manfaat fitinutrisi dalam tumbuhan sangat berlimbah jumlahnya pada tanaman.

Suplemen vz Obat
Berbeda dengan obat, suplementermasuk dalam golongan makanan. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, golongan ini tidak perlu diuji klinis untuk mengetahui efektifitasnya. Suplemen boleh dijual secara bebas tetapi tidak boleh di klaim memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti halnya obat-obatan. Sekalipun suplemen termasuk dalam golongan makanan, namun sifatnya hanya menambahkan atau melengkapi, tidak berperan seperti pengganti makanan.
Begitu banyak pilihan suplemen yang ditawarkan para produsen. Memutuskan salah satu yang paling tepat bagi kita memang tidak mudah. Sebelum mengonsumsi suplemen, anda harus mengetahui zat dan nutrisi apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh anda, sehingga anda mampu menyesuaikan jumlah yang tepat dari suplemen yang akan anda konsumsi. Produsen suplemen yang bertanggung jawab biasanya mencantumkan catatan tambahan mengenai zat tambahan, efek samping, cara penyimpanan produknya. Perhatikan dengan seksama keterangan yang terdapat dalam setiap kemasan suplemen, agar kita mendapatkan hasil yang maksimal. Peliharalah kesehatan dengan selalu memperhatikan banyaknya asupan nutrisi yang masuk ke kedalam tubuh. Jika tubuh mulai merasakan adanya penurunan fungsi metabolisme, suplemen merupakan cara mudah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anda.






1 Jurnal American Merdical Association 2002; 287 : 3127-3129

Tidak ada komentar:

Posting Komentar